Tue, 19 June 2018

Wajah Pelaku Penyelundupan NARKOBA Jenis SABU 1,62 Ton

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto mengatakan, keempat tersangka penyelundupan 1,62 ton sabu di perairan Anambas, Kepualauan Riau, saling mengenal dekat.

Keempat awak kapal berkewarganegaraan China itu bernama Tan Mai, Tan Yi, Tan Hui, dan Liu Yin Hua. Yang ternyata masih 1 keluarga dan tetangga ujar Eko di kantor Dittipid Narkoba Bareskrim Polri, Cawang, Jakarta Timur, setelah dilakukan nya pemeriksaan terhadap Nahkoda,ABK,maupun teknisinya Selasa (27/2/2018).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Andrawati bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjukkan barang bukti narkoba jenis sabu di Dermaga Logistik Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (23/2/2018). Sebanyak 1,6 ton sabu disita dari kapal ikan berisi jaring ketam asal Taiwan dengan bendera Singapura KM 61870 MV Min Liang Yuyun yang ditangkap di perairan Karang Helen Mars berdekatan dengan Karang Banteng, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau pada Selasa, 20 Februari lalu.

Tak sulit mengenali sindikat ini berasal dari mana. Sebab, menurut Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto , jika dilihat dari segi kemasan, tipikal China. beliau juga mengatakan,  bahwa jaringan dari China kerap menyelundupkan sabu dengan kemasan minuman seperti teh hijau dan kopi. Dalam beberapa hari ke depan, Bareskrim Polro akan berkoordinasi dengan Kepolisian Narkotika China untuk mengungkap bandar dan sindikatnya di negara tersebut.

 

Kirim Komentar